OMAH NDESO

Resume omni chanel gen z

GM Academy
Daftar Isi
GM Academy

Baca Juga: loading

RUANG MUDAH-customer harus benar-benar menangkap 12 item itu jangan ada yang terdistorsi jangan ada yang mereka hanya paham dua saja dari 12 eh apa item dari value produk kita jangan harus semuanya harus bisa diinformasikan nah itu jadi kita harus punya harus bisa mendefinisikan harus bisa memetakan eh value dari produk kita kemudian value dari produk kita kita komunikasikan kepada customer calon customer sehingga customer atau calon customer itu mengerti ya memahami dan bisa mengenal mengenal mengerti dan memahami jadi itu Nah kalau kita bicara denganang customer konsumen ya ini kita pakai kaidah STP kita pakai kaidah STP jadi customer itu harus di segmentasi segmentation t-nya adalah targeting dan p-nya adalah posing jadi kalau kita eh menyasar pada customer untuk supaya langkah kita itu taktis ya taktis itu adalah tepat sasaran ya maka harus kita perhatikan kaidah STV segmentation Apa artinya segmentasi itu adalah segmentasi segmentasi itu apa segmentasi itu dari sekian banyak Eh customer atau calon customer ini kita pengin membagi mereka berdasarkan karakteristikkarakteristik tertentu misalnya ya kalau di apa segmentasi customer itu bisa dilihat dari karakteristik demografi karakteristik demf itu artinya apa misalnya ee jenis kelamin ya laki-laki perempuan kemudian umur ya umur kelompok anak-anak kelompok ABG ya kelompok remaja kelompok dewasa dewasa muda dewasa tua kelompok usia lanjut lah ini berdasarkan demografi ya karakter membuat segmentasi pasar itu berdasarkan apa namanya demografi bisa juga kita segmentasi pasar Itu dari sisi geografi yang tinggal di Urban wilayah Urban perkotaan atau yang tinggal di pedesaan atau yang tinggal di dalam negeri atau yang di luar negeri itu geografi jadi lebih pada berdasarkan lokasi bisa juga kita menyegmentasi pasar itu berdasarkan psik grafis psikografis itu apa ya berdasarkan perilakunya ya berdasarkan lifesty-nya gaya hidupnya ya berdasarkan ideologi ya berdasarkan kesukaan ya itu Jadi intinya S ini segmentasi ini kita membuat kelompok-kelompok comer atau calon customer itu berdasarkan kan karakteristiknya Ya ini harus bisa kita e membuat seperti itu ya Terus yang kedua adalah targeting Nah kalau tadi kita sudah membuat segmentasi pasar tadi ya kemudian selanjutnya adalah kita dari berbagai macam karakteristik itu kita pilih yang mau kita bidik yang mau kita bik apa Oh kita mau Bik yang segmen Peru tapi dewasa muda yang tinggal di kota nah jadi itu targe itu target kita jadi target kita adalah e dari kelompok umur ini dewasa ya bisa dewasa muda bisa dewasa tua Kemudian dari sisi geografis tinggal di kota ya kemudian yang punya kebiasaan traveling misalnya nah ini berarti kalau sudah kita segmen kita targetingah ini ya target kita target kita seperti itu itu targeting namanya jadi setelah kita melakukan segmentasi kita baru membidik ya pasar Mana yang mau kita bidik itu kemudian yang berikutnya adalah posing nah positionioning ini adalah apa posing ini yang kaitannya dengan branding ya dengan branding dari produk kita jadi ini adalah satu proses kita menetapkan ya kita menetapkan apa namanya E bagaimana produk atau merek atau BR itu ingin dikenal di benak konsumen jadi misalnya Eh kalau kita bicara tentang eh Warda misalnya itu kan produk berarti kalau kita ngomong War berarti identik dengan skin identik dengan perempuan ya perempuan yang bagaimana nah ini nanti di situ jadi produk itu posioningnya di mana posisi daripada merek itu dibandingkan dengan proyek merek.

nah ini fokus pada produk ini marketing 1.0 nah marketing 2.0 itu fokus pada behavior daripada customer menyasar pada perilaku ya perilaku jadi kalau kita ambil contoh lagi parfum misalnya kalau 1.0 tadi fokus pada produk tapi kalau 2.0 ini fokus pada perilaku misalnya gini ini parfum ini akan bikin Kalau di apa dipakai itu akan bikin istri kleepek-klepek ya ini akan bikin pasangan kita klepek-klepek ya gitu misalnya ya ini fokus pada perilaku parfum ini eh apa namanya cocok bagi yang suka traveling misalnya parfum ini cocok bagi orang yang yang suka apa namanya di hawa-hawa yang sangat dingin sehingga dia sehingga kalau mandi malas Gitu sehingga cukup pakai parfumah ini perilaku ya yang disasar adalah perilaku begitu kemudian eh marketing 3.0 itu eh strategi marketing yang diasosiasikan dengan nilai-nilai tertentu atau dengan figur-figur tertentu Ya misalnya ya ini masih parfum ya biar gampang dipahami Misalnya ini parfumnya eksekutif muda ini parfumnya direktur misalnya Raffi Ahmad pakai parfum ini misalnya Kak gitu Ini parfumnya Rafi Ahmad nah begitu ini parfumnya Nikita Mirzani misalnya nah jadi eh asosiasi jadi orang itu menangkap produk itu Oh iya ini parfum yang diidentikan dengan eh Raffi Ahmad begitu jadi seperti itu makanya ini marketing 3.0 jadi diasosiasikan dengan figur-figur tertentu atau diasosiasikan dengan nilai-nilai tertentu jadi gitu oh ini ada produk yang Rama lingkungan ya begitu pakai produk ini kita akan menjaga lingkungan misalnya nah ini marketing 3.0 kemudian marketing 4.0 itu kita menggunakan teknologi ya digitalisasi dan internet misalnya kayak kita jual produk di marketplace itu 4. nah marketing 5.0 itu merupakan gabungan dari marketing 3.0 dan 4. di mana Di situ teknologi digunakan untuk mengetahui tren ya keinginan dan kecenderungan dari kebiasaan customer ya Sehingga pemasaran yang diberikan ya penawaran yang diberikan itu disesuaikan dengan keinginan kebiasaan dan apa kebutuhan dari customer itu jadi kayak misalnya kita ini kan punya metod ya ketika kita punya akun Metos maka ya psikografis kita akan bisa dibaca oleh Metos misalnya Saya misalnya saya punya akun facebook saya juga punya akun Instagram ya di Facebook saya suka dengan eh apa namanya gambar-gambar atau materi yang yang ya tentang buku buku baru ya kemudian saya sering memposting saya sering bepergian ke mana traveling begitu maka Facebook ini akan membaca data saya bahwa saya ini senang traveling Saya senang baca buku ya kalau pesan makanan saya senang saya senang makan kepap misalnya atau bakso maka penawaran yang diberikan kepada saya itu akan menyesuaikan dengan kebiasaan saya ketika saya di media sosial itu ini namanya marketing 5.0 jadi jelas ya Eh saudara-saudara itu ya Eh bagaimana marketing kemudian slide selanjutnya selling rumusnya selling sederhana ya rumusnya selling itu sederhana satu perbanyak calon pembeli atau calon customer Yang kedua jadikan calon customer itu atau calon pembeli menjadi pembeli kemudian yang ketiga ya supaya customer kita itu loyal ya maka bikin supaya customer itu meningkatkan frekuensi pembeliannya dan bikin customer itu menambah volume pembeliannya jadi itu saya katakan kita persering dan kita perbanyak Nah itu aja rumus selling ya rumus selling hanya itu aja kemudian slide selanjutnya branding sekarang karena waktunya terbatas nah branding inat branding itu apa branding itu untuk diingat ya karena itu perhatikan segitiga ini dalam branding yang pert yang ini menjadi atribut dari prod jadi prod value tadi sudah dirumuskan yaud kedua benefit seberapa produk kita itu mampu menjangkau customer ya Jadi begitu semakin produk kita punya manfaat yang banyak terhadap customer maka apa namanya produk itu semakin punya banyak keuntungan punya manfaat utama karena itu setiap produk itu punya banyak varian itu dalam rangka untuk meningkatkan benefit ya coca-cola itu variannya banyak sekali ya ada yang untuk angan yang diet gula ada yang untuk anak muda ada yang untuk atlet jenis botolnya juga macam-macam coca-cola itu nah ini berarti semakin produk itu mampu memberikan banyak keuntungan kepada customer maka produk itu semakin menancap di benaknya customer semakin diingat yang ketiga adalah corporate value atau personal value corporate value perusahaan itu punya punya value apa di mata customer ya personal value berarti owner dari perusahaan Itu pimpinan dari perusahaan Itu Oh pimpinan dari perusahaan Itu dikenal sebagai orang yang dermawan suka nyumbang ya suka sedekah Misalnya ini personal value ya kita ambil contoh misalnya ilon masonon itu corporate valuenya ya Misalnya atau Tesla perusahaan yang memproduksi mobil listrik kita pasti punya brand image terhadap eh elonm dan juga Tesla maupun XP Misalnya yaah ini sekarang ini lagi gencar Starling misalnya nah ini kenapa publik itu sangat mudah menerima ya produk-produk yang diluncurkan olehon itu karena corporate valuenya personal value-nya itu juga kuat begituon secara personal value dia bisnisman yang sukses termasuk salah satu orang terkaya di dunia Nah jadi untuk kita menanamkan brand yang kuat di dalam benak customer segitiga itu nah sekarang slide selanjutnya slide selanjutnya ini baru kita bicara tentang Omni channel marketing untuk gensi ya jadi eh apa namanya Omni channel marketing Apa yang dimaksud dengan Omni channel marketing ya Omni channel marketing itu secara gampangannya adalah ini adalah satu strategi pemasaran ya strategi pemasaran strategi penjualan yang mengintegrasikan menggabungkan berbagai saluran komunikasi ya berbagai saluran komunikasi dan penjualan itu diintegrasikan untuk memberikan pengalaman ya experience yang konsisten dan menyeluruh kepada konsumen baik dalam dunia online maupun offline jadi Omni channel ini beda sama sama multiannel ya Omni channel itu beda sama multi channel ya bedakan Omni channel itu banyak channel tapi saling terintegrasi tapi kalau multi channel itu banyak channel tapi belum tentu terintegrasi nah Omni channel ini banyak saluran banyak platform ya tapi harus terintegrasi baik itu platform online maupun platform offline ini harus bisa diintegrasikan dengan baik sehingga mampu memberikan pengalaman yang konsisten dan menyeluruh kepada customer ya itu jadi kata kuncinya itu tadi kata kuncinya Omni channel marketing itu satu apa terintegrasi dengan baik antar berbagai platform baik yang platform online maupun offline clue yang kedua adalah harus mampu menciptakan experience ya pengalaman yang berkesan bagi customer dan harus konsisten dan menyeluruh clue yang ketiga harus lancar ya Antar koneksi antar channel tadi harus terkoneksi dengan baik itu Omni channel marketing Nah sekarang kenapa Omni channel marketing ini sangat cocok untuk strategi bagi kita menyasar segmen gen ya karena EMP alasan ini karena empat alasan ini yang pertama ya Eh saudara-saudara perlu kita ketahui ya bahwa di dunia ini saat ini hidup Li generasi generasi yang pertama saya Sebutkan di pertama tadi adalah generasi baby Boomer ini yang lahir antara tahun 46 sampai4 ya Kemudian yang kedua generasi X ya lahir antara tahun5 sampai tahun -an seperti saya yang ke tiga generasi milenial generasi yang lahir tahun -an sampai tahun 97 kemudian generasi Z ya generasi Z ini yang lahir antara tahun 97 sampai tahun 2012 yang di bawahnya generasi Z adalah generasi Alfa generasi Alfa yang lahir tahun 2012 sampai saat ini nah dalam piramida penduduk menurut data BPS gener z Itu yang punyaentase terbesar dari l generasi itu generasi Z itu terbesar sekitar 27% data BPS makanya generasi Z ini ibarat pasar itu pasar yang seks banyak yang membidik generasi itu nah salah satu strategi yang bisa kita lancarkan untuk kita membidikanel markeah bagi generasi ztinya ada empat alasan ya Yang ini mengacu pada karakteristik dari generasi Z pertama adalah generasi z Itu adalah digital native ya penduduk aslinya digital itu generasi Z ya karena mereka lahir dan tumbuh itu ketika era teknologi digital ini sudah sangat maju karena itu mereka adalah apa yang mereka lihat adalah yang harus yang berbau dengan teknologi digital ya itu itu digital na kemudian yang keduaitikit yang kedua adalah experi ya saya katakan tadi ya Omni channel marketing itu kan memungkinkan kita sebagai customer ini untuk bisa mendapatkan experience yang menarik begitu karena dia memadukan berbagai macam platform nah nah generasi Z itu ya suka dengan pengalam pengalaman at ya yang konsisten dan terintegrasi tadi jadi generasi ini suka yang sifatnya ada tawaran-tawaran yang adanya yang ada tantangannya itu generasi Z ya kemudian yang ketiga adalah kemudahan akses ya Ini karena generasi itu cenderung mencari kemudahan dan kenyamanan karena itu Eh kalau kita ingin nyasar generasi Z ya asi kita tawaran kita harus bikin mereka nyaman dan mudah begitu kemudian yang keempat adalah personalization ini apa namanya Omni channel marketing tadi kan kita lihat ya kalau kita menggunakan marketing 5.0 tadi 5.0 itu kan berarti Omni channel itu memungkinkan satu produk atau merek itu untuk mengumpulkan data dari berbagai macam saluran ya dalam rangka untuk memahami preferensi dan perilaku konsumen gen z. 
GM Academy
GM Academy

Posting Komentar